Lewati ke konten utama
Beranda

Aksesibilitas

WORKSHOP PENULISAN FEATURE DAN MENAIKKAN ENGAGEMENT INSTAGRAM KOMUNITAS MATA HATI OLEH MAHASISWA UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA

KategoriJurnal,


KMH (Komunitas Mata Hati) kedatangan teman baru dari mahasiswa Ilmu Komunikasi. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Kedatangan teman Ilmu Komunikasi dari Untag Surabaya ini mengisi materi workshop tentang Penulisan Feature dan Menaikkan Engagement Instagram untuk anggota Komunitas Mata Hati (KMH). Workshop ini lebih ke diskusi bersama untuk membahas kedua materi workshop itu. Workshop dilaksanakan pada tanggal 14 sampai 15 Juni 2024.

Tujuan diadakannya workshop adalah untuk membantu mengembangkan gaya penulisan yang lebih tertata dan menarik untuk dibaca, sedangkan untuk materi engagement instagram ini, bertujuan untuk mengajarkan bagaimana cara menggunakan reels dan hastag guna untuk meningkatkan engagement instagram KMH. Juga waktu yang pas untuk posting konten berkualitas secara konsisten, menggunakan instagram ADS, dan mengoptimalkan penggunaan instastory guna menghidupkan story instagram.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi yang memberikan materi workshop diantara lain bernama Rozaq, Yuki, Bintang, Indra, Bangga, dan Owi. Mereka berenam memaparkan materi workshop dengan baik dan spesifik. Acara workshop hari pertama dimulai pada hari sabtu tanggal 14 Juni 2024 pukul 10.00 WIB, acara dibuka oleh Mas Dani selaku ketua dari Komunitas Mata Hati ( KMH ) kemudian dilanjut perkenalan oleh para peserta dan pemateri.
Usai memperkenalkan diri, acara dilanjut oleh Mas Alvian selaku pemateri pertama yang bertemakan Informasi dan Data kepada para peserta Komunitas Mata Hati ( KMH ), sesi materi pertama berlangsung dari jam 10.00 sampai jam 11.30, kemudian pada jam 12.00 siang terdapat ishoma sampai jam 13.00 siang, selesai ishoma kita kembali ke ruangan untuk melanjutkan materi selanjutnya, yaitu materi kepenulisan feature dan cara menaikan engagement instagram.

Materi ini dipaparkan oleh mahasiswa dari untag surabaya yang berdurasi selama 2 jam, dalam materi feature ini, mahasiswa untag memberi penjelasan mengenai perbedaan antara feature dan cerpen, karena kebanyakan peserta yang mengikuti workshop ini masih bingung antara feature dan cerpen yang dimana feature itu lebih berdasarkan fakta sedangkan cerpen lebih cenderung pada imajiner.

Dipenghujung acara hari pertama workshop, para peserta diberikan tugas untuk mencari 3 contoh berita yang benar dan 3 contoh berita yang hoax, kemudian membuat karya feature yang bertemakan pengalaman hidup masing – masing individu untuk menjadi bahan pembahasan di hari kedua. Pada hari selanjutnya, yakni hari kedua workshop yang dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 15 Juni 2024, acara berlangsung di jam yang sama, yakni jam 10.00 WIB.

Pertama – tama acara juga dibuka oleh Mas Dani selaku ketua dari Komunitas Mata Hati ( KMH ) yang kemudian dilanjut oleh Mas Alvian untuk membahas tugas yang diberikan, yakni 3 contoh berita hoax dan 3 berita benar. Pada sesi ini kebanyakan peserta sudah mulai paham atas materi data dan informasi yang diberikan oleh mas Alfian di hari pertama kemarin. Untuk durasi pada sesi ini berjalan dari jam 10:00 – 11:30 dan pada jam 12:00, para peserta dan pemateri melaksanakan ishoma sampai jam 13:00 WIB. Setelah sesi ishoma berakhir para peserta dan pemateri kembali keruangan untuk melanjutkan acara sesi berikutnya yakni, materi penulisan feature.

Pada sesi ini, para peserta disuruh untuk menyetorkan karya hasil feature yang bertemakan pengalaman pribadi yang telah mereka kerjakan, guna untuk dibahas secara bersama,dan kebanyakan para peserta telah memahami dari materi feature yang diberikan di hari pertama kemarin. Kemudian dilanjut pada materi cara menaikkan engagement instagram. Para pemateri dari mahasiswa UNTAG Surabaya memberikan template untuk Feed, Reels, & Instastory kepada Komunitas Mata Hati (KMH) bertujuan untuk membuat Instagram Komunitas lebih tertata dan menarik untuk dilihat.

Pelaksanaan workshop selama dua hari menghasilkan hasil yang positif, juga berjalan dengan baik dan kondusif. Para peserta Komunitas Mata Hati (KMH) mendapatkan wawasan baru yang sangat berharga tentang materi Penulisan Feature dan Meningkatkan Engagement Instagram. Mereka juga tidak hanya mendengarkan dengan seksama yang tentang materi yang kita jelaskan, namun juga langsung mendapatkan kesempatan untuk mempraktikkan apa yang telah dipelajari melalui tugas-tugas yang diberikan.

Kolaborasi antara mahasiswa Ilmu Komunikasi UNTAG Surabaya dengan anggota KMH merupakan contoh yang baik bagaimana pertukaran pikiran dan pengetahuan dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Dengan berakhirnya workshop ini, diharapkan KMH dapat mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan baru mereka untuk meningkatkan penulisan feature dan meningkatkan kualitas konten mereka melalui media sosial terutama In

dokumentasi kegiatan
stagram. Keberhasilan workshop ini dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangan komunitas.

Kembali ke halaman artikel